• Login
    View Item 
    •   Home
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN 2025
    • View Item
    •   Home
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN 2025
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA S1 KEPERAWATAN TINGKAT 1 REGULER DI UNIVERSITAS BINA SEHAT PPNI MOJOKERTO

    Thumbnail
    View/Open
    PENDAHULUAN (1.144Mb)
    ABSTRAK (198.7Kb)
    KETERSEDIAAN PUBLIKASI (672.5Kb)
    BAB I (501.0Kb)
    BAB II (416.0Kb)
    BAB III (659.4Kb)
    BAB IV (393.2Kb)
    BAB V (203.1Kb)
    LAMPIRAN (3.573Mb)
    UJI SIMILARITAS (483.7Kb)
    Date
    2025-07-14
    Author
    Bastomi, Andriannie
    Akbar, Amar
    Ma’rifatul Azizah, Lilik
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Mahasiswa tingkat pertama sering kali mengalami stres akademik karena penyesuaian terhadap lingkungan kampus dan tuntutan perkuliahan yang baru. Salah satu faktor penting yang memengaruhi kemampuan menghadapi tekanan ini adalah self efficacy, yaitu keyakinan individu terhadap kemampuan dirinya dalam menyelesaikan tugas atau menghadapi tantangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self efficacy dan stres akademik pada mahasiswa S1 Keperawatan tingkat 1 reguler di Universitas Bina Sehat PPNI Mojokerto. Penelitian menggunakan analisis korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Populasi penelitian terdiri dari 162 mahasiswa, dengan 116 responden yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah General Self Efficacy Scale (GSES) dan Student Academic Stress Scale (SASS). Hasil menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa memiliki self efficacy tinggi (88%) dan tingkat stres akademik yang rendah (85,3%). Uji Spearman rho menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (p<0,05) dengan koefisien korelasi -0,449, menandakan hubungan negatif yang cukup kuat antara self efficacy dan stres akademik. Temuan ini mendukung teori bahwa mahasiswa dengan self efficacy tinggi lebih percaya diri, mampu mengatur waktu, dan mengelola tekanan akademik lebih baik. Sebaliknya, mahasiswa dengan self efficacy rendah lebih rentan mengalami stres yang berdampak pada prestasi dan kesehatan mental. Terdapat hubungan yang cukup kuat antara self efficacy dengan stres akademik pada mahasiswa S1 Keperawatan tingkat 1 reguler di Universitas Bina Sehat PPNI Mojokerto, peningkatan self efficacy berpotensi menurunkan stres akademik dan membantu mahasiswa menghadapi perkuliahan secara lebih efektif.
    URI
    https://repositori.stikes-ppni.ac.id/handle/123456789/4099
    Collections
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN 2025

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV