PENGARUH HEALTH EDUKASI ROLE PLAY BASIC LIFE SUPPORT TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF MAHASISWA TINGKAT AWAL S1 ILMU KEPERAWATANDALAM PENANGANAN KECELAKAAN Study Pra Esperimental di Stikes Bina Sehat PPNI Mojokerto
Abstract
Basic Life Support merupakan tindakan yang bisa dilakukan sebelum mendapat
pertolongan lanjutan dari tenaga medis ahli dengan menggunakan bantuan alat atau yang
biasa disebut Advance Life Support (ALS). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh
Health Edukasi Metode Role Play Basic Life Support (BLS) Terhadap Kemampuan Kognitif
Mahasiswa tingkat awal S1 Ilmu Keperawatan di Stikes Bina Sehat PPNI Mojokerto Dalam
Penanganan Kecelakaan. Desain penelitian Pre-eksperimental dengan One Grup PretestPosttest.
Pengambilan sampel dengan cara random sampling sebanyak 30 responden. Data
diambil menggunakan kuesioner kemampuan kognitif BLS. Metode analisis data
menggunakan Wilcoxon Signed rank test. Hasil uji menggunakan SPSS 16.0 uji statistik
Wilcoxon Signed rank test di peroleh p= 0,000 < α = 0,05 sehingga p < α Ho ditolak sehingga
terdapat Pengaruh Health Edukasi Metode Role Play Basic Life Support (BLS) Terhadap
Kemampuan Kognitif Mahasiswa tingkat awal S1 Ilmu Keperawatandi Stikes Bina Sehat
PPNI Mojokerto Dalam Penanganan Kecelakaan. Sehingga metode role play dapat
meninggkatkan kemampuan kognitif BLS pada mahasiswa.