HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN DAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS 9 MENJELANG UJIAN SEKOLAH DI MASA PANDEMI
Date
2022-07-25Author
agustias, fani oktavia
zainuri, imam
kotijah, siti
Metadata
Show full item recordAbstract
Pembelajaran daring memiliki dampak seperti terjadi kecemasan pada siswa, menurunkan motivasi belajar siswa dan guru mengalami kesulitan untuk mengontrol dan menjaga iklim belajar karena terbatas dalam ruang virtual. Terlampau cemas dan takut menjelang ujian, justru akan menganggu kejernihan pikiran dan daya ingat untuk belajar dengan efektif sehingga mengganggu kejernihan mental yang amat penting untuk dapat mengatasi ujian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Hubungan Antara Kecemasan dan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas 9 Menjelang Ujian Sekolah di Masa Pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional cross sectional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 responden yang diambil dengan teknik total sampling. Pengolahan data dengan cara editing, coding, scoring, tabulating. Kemudian di uji dengan uji statistik spearman rho. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara kecemasan dan motivasi belajar pada siswa kelas 9 menjelang ujian sekolah di SMP Negeri 1 Porong Tahun 2022 dengan nilai sig. sebesar 0.000 < α (0.05). hasil penelitian yang menunjukkan ada hubungan bahwa siswa yang memiliki kecemasan yang rendah memiliki motivasi yang berhubungan dengan prestasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kecemasan yang tinggi responden yang mengalami kecemasan ringan dan memiliki motivasi belajar tinggi. Hasil penelitian yang menunjukkan ada hubungan, diharapkan siswa mampu meningkatkan motivasi belajar melalui penerapan prinsip-prinsip belajar yang baik, mengoptimalkan unsur-unsur dinamis belajar dan pembelajaran dan memanfaatkan pengalaman atau kemampuan yang telah dimiliki dalam belajar agar terhindar dari kecemasan dalam menghadapi ujian sekolah.