PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENGETAHUAN PERAWATAN SINKOP PADA ANGGOTA PMR DAN UKS SMAN 1 GEDEG
Date
2022-08-16Author
Apriliya, Sinta Dwi
Haryanto, Agus
Hariyono, Rudi
Metadata
Show full item recordAbstract
Sinkop atau pingsan adalah suatu kondisi kehilangan kesadaran yang
mendadak, dan biasanya sementara, yang disebabkan oleh kurangnya aliran darah
dan oksigen ke otak. Pingsan atau sinkop sering terjadi pada Siswa di sekolah-
sekolah seperti SD, SMP, dan SMA atau sekolah lainnya yang mengadakan upacara
rutin setiap hari Senin. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada
pengaruh Pendidikan kesehatan dengan media audio visual terhadap pengetahuan
perawatan sinkop pada anggota PMR dan UKS SMAN 1 Gedeg. Jenis penelitian
ini adalah penelitian pre eksperimen yaitu one group pre test post test design.
Teknik sampel menggunakan total sampling atau samping jenuh dengan jumlah
sampel adalah 58 responden. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan
lembar observasi SOP perawatan sinkop. Analisa data menggunakan uji statistik
wilcoxon. Setelah dilakukan pendidikan kesehatan pengetahuan siswa meningkat
yaitu siswa yang memiliki keterampilan baik sejumlah 58 siswa (100%).
Berdasarkan hasil analisa statistik wilcoxon diperoleh p value 0,000 < 0,05 artinya
ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan perawatan sinkop pada
anggota PMR dan UKS SMAN 1 Gedeg. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa
pendidikan kesehatan dapat mempengaruhi pengetahuan siswa dalam perawatan
pada korban sinkop. Pelatihan sinkop ini diharapkan dapat meningkatkan
pengetahuan perawatan sinkop di lingkungan sekolah SMAN 1 Gedeg dan
dipraktekkan petugas PMR dan UKS dengan baik.