ANALISA KEPUASAN KELUARGA PASIEN BERDASARKAN FASILITAS PELAYANAN DI RUMAH SAKIT JIWA DR. RADJIMAN WEDIODININGRAT LAWANG MALANG
Abstract
Kepuasan keluarga pasien dapat berasal dari kelengkapan fasilias rumah sakit.
Fasilitas fisik mengukur persepsi pasien tentang kualitas layanan sehubungan dengan layanan
fisik rumah sakit. Fasilitas yang buruk akan menyebabkan ketidakpuasan pasien.
Ketidakpuasan pasien dan keluarga juga dapat menyebabkan pasien berpindah ke fasilitas
layanan kesehatan yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa kepuasan
keluarga pasien berdasarkan fasilitas pelayanan di Rumah Sakit Jiwa Dr. Radjiman
Wediodiningrat Lawang Malang. Desain penelitian ini adalah desktiptif. keluarga pasien di
Ruang Dahlia Rumah Sakit Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang Malang pada bulan
Juli 2022 sebanyak 17 orang yang didapatkan dengan total sampling. Instrument penelitian
menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan analisa univariat. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa hampir setengah responden merasa puas terhadap fasilitas pelayanan
kesehatan yaitu 7 responden (41,2%), sangat puas sebanyak 4 responden (23,5%), dan kurang
puas sebanyak 6 responden (35,3%). Hal ini menunjukkan bahwa secara umum keluarga
merasa puas dengan fasilitas pelayanan di RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang
Malang. Hal ini disebabkan karena fasilitas dinilai sudah memenuhi harapan keluarga pasien
selama dirawat di rumah sakit, rumah sakit juga melakukan evaluasi terhadap fasilitas yang
disediakan untuk pasien agar dapat memberikan kepuasan bagi pasien.