KEPUASAN KELUARGA PASIEN DENGAN PELAYANAN DI RUANG DAHLIA RUMAH SAKIT GATOEL MOJOKERTO
Abstract
Rumah sakit adalah institusi kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat. Setiap rumah sakit memiliki tanggung jawab untuk memberikan pelayanan kesehatan yang aman, bermutu, tidak diskriminatif, dan efektif dengan mengutamakan kepentingan pasien sesuai standar pelayanan rumah sakit (Departemen Kesehatan RI, 2018). Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang setelah membandingkan persepsinya terhadap kinerja atau hasil suatu produk dengan harapannya. Kepuasan pasien merupakan bagian yang sangat penting dalam pelayanan pasien di rumah sakit. Kepuasan pasien adalah persyaratan yang harus dipenuhi rumah sakit untuk berhasil menghasilkan dan mempertahankan pasie (Rivaldi1, 2018). Sebagai bagian dari analisis tersebut, makalah ini melakukan survey kepuasan pasien pada pengunjung RS Gatoel untuk mengetahui tingkat pelayanan pasien khususnya pasien rawat inap di RS Gatoel. Dari hasil survei diketahui adanya ketidakpuasan di kalangan pasien RSU Gatoel, sehingga diharapkan survei tersebut menjadi bekal kebijakan RSU Gatoel khususnya bagi pasien RSU Gatoel. menerapkan kebijakan untuk meningkatkan layanan kami.