HUBUNGAN PENGEMBANGAN PELATIHAN, KEPEMIMPINAN, SIKAP, KOMPETENSI, MOTIVASI, DESAIN KERJA DENGAN KINERJA PERAWAT DALAM PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEPERAWATAN BERBASIS TEORI KOPELMAN
Date
2024-03-24Author
UPIT NATALINA
Noer Saudah
Lilik Ma’rafitul Azizah
Metadata
Show full item recordAbstract
Perawat memiliki peran penting untuk menentukan kualitas
pelayanan kesehatan, namun sebagian perawat masih ditemukan memiliki kinerja
kurang optimal dalam dokumentasi asuhan keperawatan akibat faktor internal dan
eksternal. Oleh karena itu, diperlukan analisis pengembangan pelatihan,
kepemimpinan, sikap, kompetensi, motivasi, desain kerja dengan kinerja perawat
dalam pendokumentasian asuhan keperawatan berbasis teori Kopelman. Metode :
Penelitian ini menggunakan desain cross-section dengan sampel responden 1406
perawat RSUD Dr. Soetomo. Penelitian ini dengan teknik purposive sampling yaitu
perawat instalasi penyakit menular dengan kriteria berupa perawat pelaksana dan
tidak sedang cuti. Pengumpulan data menggunakan kuesioner meliputi variabel
independent berupa pengembangan pelatihan, Kepemimpinann, sikap, kompetensi,
motivasi, desain kerja, dan variabel dependen berupa kinerja perawat dalam
pendokumentasian asuhan keperawatan. Data dianalisis menggunakan regresi
logistik dengan nilai p ≤ 0,05. Hasil : Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh
antara pelatihan dan pengembangan (0,028), Kepemimpinann (0,004), sikap
(0,026), kompetensi (0,031), motivasi (0,029), desain pekerjaan (0,009) terhadap
kinerja perawat. Kesimpulan : Pengembangan pelatihan, sikap, kompetensi,
motivasi, serta desian kerja yang baik berdampak pada kinerja perawat tinggi pada
pendokumentasian asuhan keperawatan. Kinerja pendokumentasian asuhan
keperawatan akan optimal baik dengan kepemimpinan demokratis