PENGARUH METODE BERNYANYI ALPHABET TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA HURUF PADA ANAK PRASEKOLAH DI TKM.NU 160 KARTINI JABON KABUPATEN SIDOARJO
Date
2024-08-13Author
Amalia, Widya Eka
Peni, Tri
Lailli, Siti Indatul
Metadata
Show full item recordAbstract
Anak prasekolah memiliki banyak kesulitan yang berhubungan dengan kemampuan membaca permulaan berkaitan dengan ketidakmampuan dalam mengenal huruf, membedakan huruf, dan merangkai suku kata menjadi kata. Dengan metode bernyanyi, merupakan metode belajar sambil bermain. aktivitas ini menyenangkan dan membuat mereka mengungkapkan apa yang sedang mereka pikirkan sehingga meningkatkan daya ingatnya. Tujuan penelitian ini adalah membuktikan pengaruh metode bernyanyi alphabet terhadap kemampuan membaca huruf pada anak prasekolah TKM.NU 160 Kartini Jabon Kabupaten Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan One Grup Pretest-Posttest. Populasi Semua siswa TK B di TKM NU 160 Kartini Jabon Kabupaten Sidoarjo sebanyak 34 siswa. Sampling Menggunakan teknik non probability sampling yaitu total sampling sehingga sampel yang didapatkan sebanyak 34 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi. Hasil yang didapatkan bahwa sebelum diberikan perlakuan dengan metode bernyanyi alphabet, dalam kategori mulai berkembang (MB), setelah diberikan perlakuan dengan metode bernyanyi alphabet, kemampuan membaca hurufnya dalam kategori berkembang sesuai harapan (BSH). Berdasarkan analisis Uji Wilcoxon didapatkan P value = 0,000 < α 0,05 artinya H1 diterima sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh Metode Bernyanyi Alphabert Terhadap Kemampuan Membaca Huruf Pada Anak Prasekolah di TKM.NU 160 Kartini Jabon Kabupaten Sidoarjo. Hal ini metode karakter anak pra sekolah sangat menyukai bernyanyi karena penyampaian materi melalui lagu lebih mudah bisa diterima oleh anak sehingga mampu mengembangkan kemampuan mereka dalam membaca huruf alfabet.