Show simple item record

dc.contributor.authorAmalia, Widya Eka
dc.contributor.authorPeni, Tri
dc.contributor.authorLailli, Siti Indatul
dc.date.accessioned2024-09-05T04:34:20Z
dc.date.available2024-09-05T04:34:20Z
dc.date.issued2024-08-13
dc.identifier.urihttps://repositori.stikes-ppni.ac.id/handle/123456789/2559
dc.description.abstractAnak prasekolah memiliki banyak kesulitan yang berhubungan dengan kemampuan membaca permulaan berkaitan dengan ketidakmampuan dalam mengenal huruf, membedakan huruf, dan merangkai suku kata menjadi kata. Dengan metode bernyanyi, merupakan metode belajar sambil bermain. aktivitas ini menyenangkan dan membuat mereka mengungkapkan apa yang sedang mereka pikirkan sehingga meningkatkan daya ingatnya. Tujuan penelitian ini adalah membuktikan pengaruh metode bernyanyi alphabet terhadap kemampuan membaca huruf pada anak prasekolah TKM.NU 160 Kartini Jabon Kabupaten Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan One Grup Pretest-Posttest. Populasi Semua siswa TK B di TKM NU 160 Kartini Jabon Kabupaten Sidoarjo sebanyak 34 siswa. Sampling Menggunakan teknik non probability sampling yaitu total sampling sehingga sampel yang didapatkan sebanyak 34 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi. Hasil yang didapatkan bahwa sebelum diberikan perlakuan dengan metode bernyanyi alphabet, dalam kategori mulai berkembang (MB), setelah diberikan perlakuan dengan metode bernyanyi alphabet, kemampuan membaca hurufnya dalam kategori berkembang sesuai harapan (BSH). Berdasarkan analisis Uji Wilcoxon didapatkan P value = 0,000 < α 0,05 artinya H1 diterima sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh Metode Bernyanyi Alphabert Terhadap Kemampuan Membaca Huruf Pada Anak Prasekolah di TKM.NU 160 Kartini Jabon Kabupaten Sidoarjo. Hal ini metode karakter anak pra sekolah sangat menyukai bernyanyi karena penyampaian materi melalui lagu lebih mudah bisa diterima oleh anak sehingga mampu mengembangkan kemampuan mereka dalam membaca huruf alfabet.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherPerpustakaan Universitas Bina Sehat PPNIen_US
dc.subjectMetode bernyanyien_US
dc.subjectMembaca huruf alphabeten_US
dc.subjectanak prasekolahen_US
dc.titlePENGARUH METODE BERNYANYI ALPHABET TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA HURUF PADA ANAK PRASEKOLAH DI TKM.NU 160 KARTINI JABON KABUPATEN SIDOARJOen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record