dc.description.abstract | Penggunaan gadget dapat mengakibatkan dampak negatif yaitu bisa menghambat interaksi sosial, kemampuan konsentrasi yang menurun, ketergantungan pada gadget, bahaya radiasi, mendapat informasi yang merugikan dan anak menjadi tertutup. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara lama penggunaan gadget dengan interaksi sosial anak prasekolah di KB TK Asy Syifa Bangsal Mojokerto. Penelitian ini menggunakan desain analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang tua yang memiliki anak prasekolah di KB TK Asy Syifa Bangsal Mojokerto sebanyak 35 orang. Teknik sampling menggunakan non probability sampling dengan total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 35 orang. Variabel independennya lama penggunaan gadget dan variabel dependennya interaksi sosial anak prasekolah. Data diambil dengan menggunakan kuesioner, setelah terkumpul dilakukan pengolahan data dan didapatkan penggunaan gadget ≤ 1jam dengan interaksi sosial tinggi sebanyak 11 anak (31,4%), dan penggunaan gadget > 1jam dengan interaksi sosial rendah sebanyak 1 anak (2,9%). Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungannya penggunaan gadget dengan interaksi sosial anak prasekolah. Semakin anak bermain gadget dengan waktu normal yang sudah ditentukan maka semakin baik pula tingkat interaksi sosialnya. Semakin lama anak menggunakan gadget maka waktu bermain semakin sedikit dan mengakibatkan interaksi sosial terganggu. | en_US |