Show simple item record

dc.contributor.authorCahyani, Nur
dc.date.accessioned2024-09-27T07:21:41Z
dc.date.available2024-09-27T07:21:41Z
dc.date.issued2024-09-12
dc.identifier.urihttps://repositori.stikes-ppni.ac.id/handle/123456789/3079
dc.description.abstractKetidakpuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan baik di Indonesia maupun di negara berkembang lainnya saat ini masih menjadi masalah utama yang dalam pemberian pelayanan keperwatan yang harus segera diselesaikan. Salah satu strategi rumah sakit adalah dengan penerapan budaya keselamatan pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan budaya keselamatan pasien dengan kepuasan pasien dalam pelayanan ruang rawat. Desain penelitian ini adalah analitik korelasional dengan pendekatan crossectional. Populasi penelitian in yaitu perawat di ruang rawat inap dan pasien yang menjalani rawat inap di ruang rawat inap RSUD RA Basoeni Gedeg Mojokerto. Sampel pada penelitian ini adalah sebagian perawat dan pasien yang menjalani rawat inap yang diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 43 responden. Data dikumpulkan dengan instrumen kuesioner dan diuji dengan uji spearman rho. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada responden yang menerapkan budaya keselamatan pasien kategori lemah sebagian besar pasien merasa tidak puas sebanyak 6 responden (60%). Pada responden yang menerapkan budaya keselamatan pasien dalam kategori sedang setengahnya pasien merasa puas sebanyak 6 responden (50%). Pada responden yang menerapkan budaya keselamatan pasien dalam kategori kuat hampir seluruhnya pasien merasa puas sebanyak 16 responden (76,2%). Hasil uji spearman rho menunjukkan nilai ρ = 0,000 < α = 0,05 sehingga ada hubungan Budaya Keselamatan Dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RSUD RA Basoeni Mojokerto. Berdasarkan nilai koefeisen korelasi menunjukkan nilai r = 0,570 sehingga keeratan hubungan kedua variable dalam kategori hubungan yang kuat. Perawat yang menerapkan keselamatan pasien akan dapat menumbuhkan kepercayaan pasien dan yang paling utama yaitu meningkatkan kepuasan pasien.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherPerpustakaan Universitas Bina Sehat PPNIen_US
dc.subjectBudaya Keselamatan Pasienen_US
dc.subjectKepuasanen_US
dc.subjectPelayanan Rawat Inapen_US
dc.titleHUBUNGAN BUDAYA KESELAMATAN PASIEN DENGAN KEPUASAN PASIEN DALAM PELAYANAN RUANG RAWAT INAP RSUD RA BASOENI GEDEGen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record