• Login
    View Item 
    •   Home
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN 2025
    • View Item
    •   Home
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN 2025
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN GADGET DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA PRASEKOLAH DI KB KASIH IBU DESA BRAYUBLANDONG

    Thumbnail
    View/Open
    202101054_PENDAHULUAN.pdf (4.207Mb)
    202101054_ABSTRAK.pdf (206.0Kb)
    HALAMAN PUBLIKASI.pdf (797.7Kb)
    202101054_BAB I.pdf (332.5Kb)
    202101054_BAB II.pdf (435.0Kb)
    202101054_BAB III..pdf (384.3Kb)
    202101054_BAB IV.pdf (393.8Kb)
    202101054_ BAB V.pdf (204.9Kb)
    202101054_LAMPIRAN..pdf (1.259Mb)
    HASIL UJI SIMILARITAS.pdf (712.3Kb)
    Date
    2025-07-13
    Author
    Hidayati, Dwi Wahyu
    Ibnu, Faisal
    Kusumaningrum, Umi Azizah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pola asuh orang tua dalam penggunaan gadget berperan penting terhadap perkembangan sosial anak usia prasekolah. Penggunaan gadget tanpa batasan bisa memberikan dampak negatif pada perkembangan sosial anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi adanya hubungan antara pola asuh orang tua dalam penggunaan gadget dengan perkembangan sosial anak prasekolah di KB Kasih Ibu Desa Brayublandong. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, menggunakan desain analitik korelasi dengan pendekatan cross-sectional. Seluruh orang tua yang memiliki anak usia prasekolah di KB Kasih Ibu Desa Brayublandong, sebanyak 30 orang dijadikan populasi dalam penelitian ini, sekaligus menjadi sampel dengan teknik total sampling. Data mengenai pola asuh orang tua dan perkembangan sosial anak diperoleh melalui kuisioner. Penelitian ini menggunakan analisis crosstab dengan bantuan SPSS. Hasil analisis menunjukkan adanya kecenderungan hubungan antara pola asuh dengan perkembangan sosial anak. Pola asuh demokratis ditemukan dari 17 responden, dengan mayoritas (94,1%) anak memiliki perkembangan sosial yang tinggi. Pada pola asuh permisif, dari 7 responden, sebanyak 57,1% anak menunjukkan perkembangan sosial tinggi. Sedangkan pada pola asuh otoriter, dari 6 responden, mayoritas anak (83,3%) berada pada kategori perkembangan sosial sedang. Temuan ini menunjukkan semakin demokratis pola asuh orang tua, semakin tinggi pula perkembangan sosial anak. Pola pengasuhan demokratis mendukung tumbuhnya kemandirian, percaya diri, dan kemampuan bersosialisasi anak yang lebih optimal daripada pola asuh permisif atau otoriter. Karena itu, keterlibatan aktif orang tua dalam mengasuh anak saat menggunakan gadget menjadi aspek penting dalam perkembangan sosial anak usia prasekolah.
    URI
    https://repositori.ubs-ppni.ac.id/handle/123456789/3482
    Collections
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN 2025

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV