HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN GADGET DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA PRASEKOLAH DI KB KASIH IBU DESA BRAYUBLANDONG
View/ Open
Date
2025-07-13Author
Hidayati, Dwi Wahyu
Ibnu, Faisal
Kusumaningrum, Umi Azizah
Metadata
Show full item recordAbstract
Pola asuh orang tua dalam penggunaan gadget berperan penting terhadap perkembangan sosial anak usia prasekolah. Penggunaan gadget tanpa batasan bisa memberikan dampak negatif pada perkembangan sosial anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi adanya hubungan antara pola asuh orang tua dalam penggunaan gadget dengan perkembangan sosial anak prasekolah di KB Kasih Ibu Desa Brayublandong. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, menggunakan desain analitik korelasi dengan pendekatan cross-sectional. Seluruh orang tua yang memiliki anak usia prasekolah di KB Kasih Ibu Desa Brayublandong, sebanyak 30 orang dijadikan populasi dalam penelitian ini, sekaligus menjadi sampel dengan teknik total sampling. Data mengenai pola asuh orang tua dan perkembangan sosial anak diperoleh melalui kuisioner. Penelitian ini menggunakan analisis crosstab dengan bantuan SPSS. Hasil analisis menunjukkan adanya kecenderungan hubungan antara pola asuh dengan perkembangan sosial anak. Pola asuh demokratis ditemukan dari 17 responden, dengan mayoritas (94,1%) anak memiliki perkembangan sosial yang tinggi. Pada pola asuh permisif, dari 7 responden, sebanyak 57,1% anak menunjukkan perkembangan sosial tinggi. Sedangkan pada pola asuh otoriter, dari 6 responden, mayoritas anak (83,3%) berada pada kategori perkembangan sosial sedang. Temuan ini menunjukkan semakin demokratis pola asuh orang tua, semakin tinggi pula perkembangan sosial anak. Pola pengasuhan demokratis mendukung tumbuhnya kemandirian, percaya diri, dan kemampuan bersosialisasi anak yang lebih optimal daripada pola asuh permisif atau otoriter. Karena itu, keterlibatan aktif orang tua dalam mengasuh anak saat menggunakan gadget menjadi aspek penting dalam perkembangan sosial anak usia prasekolah.