• Login
    View Item 
    •   Home
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN 2025
    • View Item
    •   Home
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN 2025
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMP NEGERI 3 KUTOREJO

    Thumbnail
    View/Open
    PENDAHULUAN (1.065Mb)
    ABSTRAK (181.1Kb)
    BAB 1 (247.4Kb)
    BAB 2 (428.2Kb)
    BAB 3 (438.2Kb)
    BAB 4 (336.3Kb)
    BAB 5 (192.2Kb)
    LAMPIRAN (4.768Mb)
    HASIL SIMILARITAS (95.08Kb)
    KESEDIAAN PUBLIKASI (244.8Kb)
    Date
    2025-06-23
    Author
    Mukarromah, Lailil
    Sajidin, Muhammad
    Andrianto, Arief
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Intensitas penggunaan gadget yang tinggi di kalangan siswa SMP menjadi fenomena yang semakin mengkhawatirkan, terutama karena banyak siswa menghabiskan waktu lebih dari dua jam per hari untuk mengakses media sosial, bermain game, atau menonton konten hiburan. Penggunaan yang berlebihan ini berpotensi mengganggu proses belajar dan menurunkan prestasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara intensitas penggunaan gadget dengan prestasi belajar pada siswa SMP Negeri 3 Kutorejo. Jenis penelitian analitik korelasi dengan pendekatan cross-sectional. Sampel yang didapatkan sejumlah 126 yang diambil dengan cluster random sampling. Instrument yang digunakan dokumentasi raport dan kuesioner SAS-SV. Hasil uji validitas didapatkan nilai 0,361 dan Cronbach’s Alpha 0,839. Hasil penelitian dari 126 responden yang memiliki intensitas penggunaan gadget sedang sebanyak 55, 27 diantaranya memiliki prestasi belajar yang baik. Analisis data menggunakan uji statistik Spearman’s Rho menunjukkan p (0,000) <  (0,05) dengan nilai r = -0,376 yang menunjukkan hubungan lemah, namun menunjukkan korelasi negatif. Sesuai dasar pengambilan keputusan bahwa terdapat hubungan antara intensitas penggunaan gadget dengan prestasi belajar pada siswa SMP. Penggunaan gadget yang berlebihan bisa mengganggu fokus dan mengurangi waktu belajar. Gadget juga bisa digunakan untuk belajar jika diarahkan dengan baik. Oleh karena itu, peran orang tua dan guru sangat penting dalam membimbing siswa agar bisa menggunakan gadget secara bij
    URI
    https://repositori.stikes-ppni.ac.id/handle/123456789/3553
    Collections
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN 2025

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV