HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMP NEGERI 3 KUTOREJO
Date
2025-06-23Author
Mukarromah, Lailil
Sajidin, Muhammad
Andrianto, Arief
Metadata
Show full item recordAbstract
Intensitas penggunaan gadget yang tinggi di kalangan siswa SMP menjadi
fenomena yang semakin mengkhawatirkan, terutama karena banyak siswa
menghabiskan waktu lebih dari dua jam per hari untuk mengakses media sosial,
bermain game, atau menonton konten hiburan. Penggunaan yang berlebihan ini
berpotensi mengganggu proses belajar dan menurunkan prestasi akademik.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara intensitas penggunaan
gadget dengan prestasi belajar pada siswa SMP Negeri 3 Kutorejo. Jenis penelitian
analitik korelasi dengan pendekatan cross-sectional. Sampel yang didapatkan
sejumlah 126 yang diambil dengan cluster random sampling. Instrument yang
digunakan dokumentasi raport dan kuesioner SAS-SV. Hasil uji validitas
didapatkan nilai 0,361 dan Cronbach’s Alpha 0,839. Hasil penelitian dari 126
responden yang memiliki intensitas penggunaan gadget sedang sebanyak 55, 27
diantaranya memiliki prestasi belajar yang baik. Analisis data menggunakan uji
statistik Spearman’s Rho menunjukkan p (0,000) < (0,05) dengan nilai r = -0,376
yang menunjukkan hubungan lemah, namun menunjukkan korelasi negatif. Sesuai
dasar pengambilan keputusan bahwa terdapat hubungan antara intensitas
penggunaan gadget dengan prestasi belajar pada siswa SMP. Penggunaan gadget
yang berlebihan bisa mengganggu fokus dan mengurangi waktu belajar. Gadget
juga bisa digunakan untuk belajar jika diarahkan dengan baik. Oleh karena itu,
peran orang tua dan guru sangat penting dalam membimbing siswa agar bisa
menggunakan gadget secara bij