Show simple item record

dc.contributor.authorMukarromah, Lailil
dc.contributor.authorSajidin, Muhammad
dc.contributor.authorAndrianto, Arief
dc.date.accessioned2025-08-13T03:45:21Z
dc.date.available2025-08-13T03:45:21Z
dc.date.issued2025-06-23
dc.identifier.urihttps://repositori.stikes-ppni.ac.id/handle/123456789/3553
dc.description.abstractIntensitas penggunaan gadget yang tinggi di kalangan siswa SMP menjadi fenomena yang semakin mengkhawatirkan, terutama karena banyak siswa menghabiskan waktu lebih dari dua jam per hari untuk mengakses media sosial, bermain game, atau menonton konten hiburan. Penggunaan yang berlebihan ini berpotensi mengganggu proses belajar dan menurunkan prestasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara intensitas penggunaan gadget dengan prestasi belajar pada siswa SMP Negeri 3 Kutorejo. Jenis penelitian analitik korelasi dengan pendekatan cross-sectional. Sampel yang didapatkan sejumlah 126 yang diambil dengan cluster random sampling. Instrument yang digunakan dokumentasi raport dan kuesioner SAS-SV. Hasil uji validitas didapatkan nilai 0,361 dan Cronbach’s Alpha 0,839. Hasil penelitian dari 126 responden yang memiliki intensitas penggunaan gadget sedang sebanyak 55, 27 diantaranya memiliki prestasi belajar yang baik. Analisis data menggunakan uji statistik Spearman’s Rho menunjukkan p (0,000) <  (0,05) dengan nilai r = -0,376 yang menunjukkan hubungan lemah, namun menunjukkan korelasi negatif. Sesuai dasar pengambilan keputusan bahwa terdapat hubungan antara intensitas penggunaan gadget dengan prestasi belajar pada siswa SMP. Penggunaan gadget yang berlebihan bisa mengganggu fokus dan mengurangi waktu belajar. Gadget juga bisa digunakan untuk belajar jika diarahkan dengan baik. Oleh karena itu, peran orang tua dan guru sangat penting dalam membimbing siswa agar bisa menggunakan gadget secara bijen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherPerpustakaan Universitas Bina Sehat PPNIen_US
dc.subjectremaja SMPen_US
dc.subjectintensitasen_US
dc.subjectgadgeten_US
dc.subjectprestasi belajaren_US
dc.titleHUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMP NEGERI 3 KUTOREJOen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record