HUBUNGAN STRES AKADEMIK DENGAN STRATEGI KOPING PADA SISWA SMAN 1 BANGSAL
Date
2025-06-02Author
Sa'diyah, Khalimatus
Azizah, Lilik Ma'rifatul
Zainuri, Imam
Metadata
Show full item recordAbstract
Siswa SMA sering mengalami berbagai masalah dan tekanan yang membuat
siswa sering mengalami stres akademik. Strategi koping yang efektif akan
mendorong siswa mengurangi dampak negatif stres dan dapat membantu siswa
berkembang dalam menghadapi tantangan akademis. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hubungan stres akademik dengan strategi koping pada siswa SMA.
Menggunkan desain analitik korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Dari
populasi 855 siswa menjadi 128 responden di pilih melalui teknik stratified random
sampling. Menggunakan instrument student-life stress inventory (SLSI) dan ways
of coping (WOC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa SMA
mengalami stres akademik sedang (83,6%), sedangkan pemilihan strategi koping
pada siswa SMA mayoritas menggunakan Emotional focused coping (63,3%), dari
hasil uji penelitian di dapatkan hasil bahwa terdapat hubungan antara variabel in
dependent dan dependen. Analisa data menggunkan uji korelasi Fisher's Exact Test
diperoleh (P-value) <α 0,05 dengan Contingensi Coefecient 0,252 artinya terdapat
hubungan lemah yang signifikan antara stres akademik dengan strategi koping pada
siswa SMA. Setiap siswa dalam upaya mengatasi stres akademik harus mampu
menentukan strategi koping yang efektif.