Show simple item record

dc.contributor.authorSa'diyah, Khalimatus
dc.contributor.authorAzizah, Lilik Ma'rifatul
dc.contributor.authorZainuri, Imam
dc.date.accessioned2025-08-13T07:30:46Z
dc.date.available2025-08-13T07:30:46Z
dc.date.issued2025-06-02
dc.identifier.urihttps://repositori.stikes-ppni.ac.id/handle/123456789/3558
dc.description.abstractSiswa SMA sering mengalami berbagai masalah dan tekanan yang membuat siswa sering mengalami stres akademik. Strategi koping yang efektif akan mendorong siswa mengurangi dampak negatif stres dan dapat membantu siswa berkembang dalam menghadapi tantangan akademis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan stres akademik dengan strategi koping pada siswa SMA. Menggunkan desain analitik korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Dari populasi 855 siswa menjadi 128 responden di pilih melalui teknik stratified random sampling. Menggunakan instrument student-life stress inventory (SLSI) dan ways of coping (WOC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa SMA mengalami stres akademik sedang (83,6%), sedangkan pemilihan strategi koping pada siswa SMA mayoritas menggunakan Emotional focused coping (63,3%), dari hasil uji penelitian di dapatkan hasil bahwa terdapat hubungan antara variabel in dependent dan dependen. Analisa data menggunkan uji korelasi Fisher's Exact Test diperoleh (P-value) <α 0,05 dengan Contingensi Coefecient 0,252 artinya terdapat hubungan lemah yang signifikan antara stres akademik dengan strategi koping pada siswa SMA. Setiap siswa dalam upaya mengatasi stres akademik harus mampu menentukan strategi koping yang efektif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.subjectSiswa SMAen_US
dc.subjectStrategi kopingen_US
dc.subjectStres Akademiken_US
dc.titleHUBUNGAN STRES AKADEMIK DENGAN STRATEGI KOPING PADA SISWA SMAN 1 BANGSALen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record