• Login
    View Item 
    •   Home
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN 2025
    • View Item
    •   Home
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN 2025
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMP ISLAM SEDATI NGORO

    Thumbnail
    View/Open
    PENDAHULUAN (2.602Mb)
    ABSTRAK (237.5Kb)
    KESEDIAAN PUBLIKASI (188.7Kb)
    BAB 1 (702.0Kb)
    BAB 2 (2.085Mb)
    BAB 3 (1.571Mb)
    BAB 4 (1.153Mb)
    BAB 5 (351.6Kb)
    LAMPIRAN (8.082Mb)
    UJI SIMILARITAS (154.2Kb)
    Date
    2025-08-17
    Author
    WARDANA, DAFFA SAADIHILAH AQILA
    Akbar, Amar
    Azizah, Lilik Ma’rifatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Diawal masa seorang remaja awal merupakan fase penting dalam perkembangan akademik siswa. Pada masa ini, motivasi belajar sangat diperlukan untuk menunjang keberhasilan akademik. Salah satu faktor eksternal yang berpengaruh terhadap motivasi belajar adalah dukungan orang tua. Tujuan penulis mengetahui hubungan antara dukungan orang tua dengan motivasi belajar pada siswa SMP Islam Sedati Ngoro. Penelitian ini menggunakan desain analitik korelasi dengan pendekatan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Islam Sedati Ngoro sebanyak 424 siswa, dengan jumlah sampel 206 siswa yang diambil melalui teknik stratified random sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner dukungan orang tua berdasarkan teori Sarafino (2011) dan skala Academic Motivation Scale (AMS) berdasarkan teori Ryan & Deci (2000) yang telah dimodifikasi. Data dianalisis menggunakan uji Spearman’s Rho dengan bantuan program SPSS 21.0. Hasil uji Spearman’s Rho menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan orang tua dengan motivasi belajar siswa, dengan nilai signifikansi p = 0,001 dan nilai koefisien korelasi = 0,240. Hal ini menunjukkan semakin tinggi dukungan orang tua maka semakin tinggi motivasi belajar hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan orang tua dengan motivasi belajar siswa. Dukungan orang tua dalam bentuk emosional, penghargaan, bantuan langsung, dan informasi memiliki peran penting dalam membangkitkan semangat belajar siswa. Keterlibatan aktif orang tua melalui penyediaan waktu, perhatian, dan fasilitas belajar yang memadai dapat menciptakan suasana belajar yang kondusif. Hal ini menunjukkan bahwa partisipasi orang tua dalam proses pendidikan anak sangat diperlukan untuk menunjang keberhasilan akademik secara menyeluruh.
    URI
    https://repositori.stikes-ppni.ac.id/handle/123456789/3565
    Collections
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN 2025

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV