dc.description.abstract | Diawal masa seorang remaja awal merupakan fase penting dalam
perkembangan akademik siswa. Pada masa ini, motivasi belajar sangat diperlukan
untuk menunjang keberhasilan akademik. Salah satu faktor eksternal yang
berpengaruh terhadap motivasi belajar adalah dukungan orang tua. Tujuan penulis
mengetahui hubungan antara dukungan orang tua dengan motivasi belajar pada
siswa SMP Islam Sedati Ngoro. Penelitian ini menggunakan desain analitik korelasi
dengan pendekatan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa SMP Islam Sedati Ngoro sebanyak 424 siswa, dengan jumlah sampel 206
siswa yang diambil melalui teknik stratified random sampling. Instrumen yang
digunakan berupa kuesioner dukungan orang tua berdasarkan teori Sarafino (2011)
dan skala Academic Motivation Scale (AMS) berdasarkan teori Ryan & Deci
(2000) yang telah dimodifikasi. Data dianalisis menggunakan uji Spearman’s Rho
dengan bantuan program SPSS 21.0. Hasil uji Spearman’s Rho menunjukkan
terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan orang tua dengan motivasi
belajar siswa, dengan nilai signifikansi p = 0,001 dan nilai koefisien korelasi =
0,240. Hal ini menunjukkan semakin tinggi dukungan orang tua maka semakin
tinggi motivasi belajar hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan orang
tua dengan motivasi belajar siswa. Dukungan orang tua dalam bentuk emosional,
penghargaan, bantuan langsung, dan informasi memiliki peran penting dalam
membangkitkan semangat belajar siswa. Keterlibatan aktif orang tua melalui
penyediaan waktu, perhatian, dan fasilitas belajar yang memadai dapat menciptakan
suasana belajar yang kondusif. Hal ini menunjukkan bahwa partisipasi orang tua
dalam proses pendidikan anak sangat diperlukan untuk menunjang keberhasilan
akademik secara menyeluruh. | en_US |