• Login
    View Item 
    •   Home
    • SKRIPSI S1 KEBIDANAN
    • SKRIPSI S1 KEBIDANAN 2025
    • View Item
    •   Home
    • SKRIPSI S1 KEBIDANAN
    • SKRIPSI S1 KEBIDANAN 2025
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENDIDIKAN KESEHATAN BERBASIS VIDEO TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN IBU BALITA TENTANG PIJAT TUI NA DI DESA PLOSOSARI

    Thumbnail
    View/Open
    PENDAHULUAN (1.621Mb)
    ABSTRAK (350.9Kb)
    KETERSEDIAAN PUBLIKASI (480.2Kb)
    BAB I (251.9Kb)
    BAB II (864.7Kb)
    BAB III (667.1Kb)
    BAB IV (706.9Kb)
    BAB V (354.4Kb)
    LAMPIRAN (7.354Mb)
    UJI SIMILARITAS (549.1Kb)
    Date
    2025-08-08
    Author
    Nathania Octa, Aiko
    Mardiyana, Rina
    Khusniyati, Etik
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pijat Tui Na merupakan salah satu teknik pijat tradisional Tiongkok yang dipercaya bermanfaat dalam menunjang tumbuh kembang anak, terutama dalam meredakan keluhan ringan seperti masalah pencernaan dan gangguan tidur. Namun, pengetahuan ibu tentang pijat Tui Na masih sangat terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan berbasis video terhadap tingkat pengetahuan ibu balita tentang pijat Tui Na di Desa Plososari, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimental dengan pendekatan one group pretest-posttest. Sampel berjumlah 32 orang ibu balita yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner pengetahuan sebelum dan sesudah pemutaran video edukatif berdurasi lima menit. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan secara deskriptif. Sebelum diberikan edukasi, sebanyak 22 responden (68,8%) memiliki tingkat pengetahuan kurang dan hanya 6 responden (18,8%) dengan pengetahuan baik. Setelah diberikan edukasi, sebanyak 29 responden (90,6%) memiliki pengetahuan baik, dan tidak ada yang berada dalam kategori kurang. Namun demikian, hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan nilai signifikansi P-Value = 0,062 (𝛼 > 0,05), yang berarti hipotesis nol (H0) diterima atau dengan kata lain peningkatan tersebut tidak signifikan secara statistik. Meskipun demikian, peningkatan kategori pengetahuan menunjukkan bahwa video edukasi efektif secara praktis dalam meningkatkan pemahaman ibu tentang pijat Tui Na. Oleh karena itu, pendidikan kesehatan berbasis video dapat dijadikan sebagai media alternatif edukasi yang menarik dan aplikatif dalam meningkatkan peran ibu dalam perawatan balita di rumah.
    URI
    https://repositori.stikes-ppni.ac.id/handle/123456789/3590
    Collections
    • SKRIPSI S1 KEBIDANAN 2025

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV