dc.description.abstract | Pijat Tui Na merupakan salah satu teknik pijat tradisional Tiongkok yang dipercaya bermanfaat dalam menunjang tumbuh kembang anak, terutama dalam meredakan keluhan ringan seperti masalah pencernaan dan gangguan tidur. Namun, pengetahuan ibu tentang pijat Tui Na masih sangat terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan berbasis video terhadap tingkat pengetahuan ibu balita tentang pijat Tui Na di Desa Plososari, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimental dengan pendekatan one group pretest-posttest. Sampel berjumlah 32 orang ibu balita yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner pengetahuan sebelum dan sesudah pemutaran video edukatif berdurasi lima menit. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan secara deskriptif. Sebelum diberikan edukasi, sebanyak 22 responden (68,8%) memiliki tingkat pengetahuan kurang dan hanya 6 responden (18,8%) dengan pengetahuan baik. Setelah diberikan edukasi, sebanyak 29 responden (90,6%) memiliki pengetahuan baik, dan tidak ada yang berada dalam kategori kurang. Namun demikian, hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan nilai signifikansi P-Value = 0,062 (𝛼 > 0,05), yang berarti hipotesis nol (H0) diterima atau dengan kata lain peningkatan tersebut tidak signifikan secara statistik. Meskipun demikian, peningkatan kategori pengetahuan menunjukkan bahwa video edukasi efektif secara praktis dalam meningkatkan pemahaman ibu tentang pijat Tui Na. Oleh karena itu, pendidikan kesehatan berbasis video dapat dijadikan sebagai media alternatif edukasi yang menarik dan aplikatif dalam meningkatkan peran ibu dalam perawatan balita di rumah. | en_US |