• Login
    View Item 
    •   Home
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN 2025
    • View Item
    •   Home
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN 2025
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL PEER GROUP DENGAN PENCEGAHAN PEER VIOLENCE PADA SISWA DI SMAN 1 GONDANG KABUPATEN MOJOKERTO

    Thumbnail
    View/Open
    1. 202101129_PENDAHULUAN.pdf (4.528Mb)
    ABSTRAK (168.0Kb)
    KESEDIAAN PUBLIKASI (509.5Kb)
    BAB I (73.36Kb)
    BAB II (230.9Kb)
    BAB III (518.8Kb)
    BAB IV (329.2Kb)
    BAB V (61.40Kb)
    LAMPIRAN (3.110Mb)
    HASIL SIMILARITAS (365.3Kb)
    Date
    2025-06-25
    Author
    Tristanti, Mufika
    Saudah, Noer
    Lestari, Indah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kekerasan seksual oleh teman sebaya merupakan salah satu permasalahan sosial yang dapat memengaruhi kesejahteraan remaja. Dukungan sosial dari teman sebaya diyakini memiliki peran penting dalam membentuk perilaku pencegahan terhadap kekerasan seksual oleh sesama teman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional, serta dianalisis menggunakan uji Spearman’s Rho. Populasi penelitian adalah siswa kelas X, dengan jumlah sampel sebanyak 66 responden yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner mengenai dukungan sosial teman sebaya dan pencegahan kekerasan antar teman, yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Mayoritas responden (78,8%) berada pada kategori dukungan sosial tinggi, seluruh siswa sejumlah 66 siswa (100%) menunjukkan perilaku positif dalam pencegahan kekerasan seksual teman sebaya. Aspek dukungan sosial yang mencakup empat aspek yaitu dukungan emosional (68%), dukungan instrumental (82%), dukungan informasi (80%), dan dukungan persahabatan (81%) yang didominasi pada dukungan instrumental dan dukungan persahabatan. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dari teman sebaya dengan pencegahan kekerasan antar teman (p-value = 0,000), dengan nilai korelasi r = 0,621 yang mengindikasikan korelasi positif yang kuat. Artinya, semakin tinggi dukungan sosial dari peer group, maka semakin besar kemungkinan siswa menunjukkan perilaku pencegahan kekerasan yang positif. Hal ini berkontribusi pada peningkatan harga diri, rasa percaya diri, dan rasa aman siswa, yang mendorong keberanian mereka dalam menghadapi atau mencegah kekerasan. Temuan ini juga memperkuat pentingnya intervensi berbasis kelompok sebaya di lingkungan sekolah dalam membangun dukungan sosial yang positif dan bebas dari kekerasan.
    URI
    https://repositori.stikes-ppni.ac.id/handle/123456789/3609
    Collections
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN 2025

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV