• Login
    View Item 
    •   Home
    • SKRIPSI S1 KEBIDANAN
    • SKRIPSI S1 KEBIDANAN 2025
    • View Item
    •   Home
    • SKRIPSI S1 KEBIDANAN
    • SKRIPSI S1 KEBIDANAN 2025
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    EFEKTIVITAS PEMBERIAN EDUKASI TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG YOGA UNTUK MENGURANGI NYERI HAID

    Thumbnail
    View/Open
    PENDAHULUAN (1.097Mb)
    ABSTRAK (430.3Kb)
    KETERSEDIAAN PUBLIKASI (486.9Kb)
    BAB I (250.3Kb)
    BAB II (574.9Kb)
    BAB III (597.9Kb)
    BAB IV (395.4Kb)
    BAB V (337.0Kb)
    LAMPIRAN (7.678Mb)
    HASIL UJI SIMILARITAS (1.284Mb)
    Date
    2025-08-14
    Author
    Sahrani, Anisa Aprilia
    Sa'diya, Lida Khalimatus
    Ma’rifah, Asirotul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Nyeri haid merupakan keluhan umum pada remaja putri yang dapat mengganggu aktivitas harian. Salah satu pendekatan nonfarmakologi yang efektif adalah yoga, namun pengetahuan remaja tentang manfaatnya masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pemberian edukasi dalam meningkatkan pengetahuan tentang yoga sebagai alternatif untuk mengurangi nyeri haid. Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental dengan pendekatan one group pretest-posttest. Populasi penelitian adalah seluruh siswi kelas XI SMA Negeri 1 Bangsal sebanyak 264 orang. Sampel penelitian berjumlah 73 responden yang ditentukan menggunakan teknik proportional random sampling sesuai jumlah kelas yang ada. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner pengetahuan tentang yoga, terdiri atas 15 butir pertanyaan pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Prosedur penelitian diawali dengan pemberian pretest untuk mengukur tingkat pengetahuan awal, kemudian dilanjutkan dengan intervensi berupa edukasi kesehatan mengenai yoga untuk mengurangi nyeri haid. Edukasi disampaikan melalui kombinasi media video, leaflet, dan presentasi interaktif dalam satu kali pertemuan dengan durasi 90 menit. Setelah sesi edukasi selesai, responden diberikan posttest dengan instrumen yang sama untuk menilai perubahan tingkat pengetahuan. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji Wilcoxon karena data berdistribusi tidak normal berdasarkan uji Shapiro-Wilk. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan skor pengetahuan setelah edukasi (p=0,000; p<0,05). Temuan ini mendukung bahwa edukasi kesehatan efektif dalam meningkatkan pemahaman remaja putri mengenai yoga sebagai metode nonfarmakologi untuk mengurangi nyeri haid.
    URI
    https://repositori.stikes-ppni.ac.id/handle/123456789/3620
    Collections
    • SKRIPSI S1 KEBIDANAN 2025

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV