• Login
    View Item 
    •   Home
    • TESIS S2 KEPERAWATAN
    • TESIS S2 KEPERAWATAN 2025
    • View Item
    •   Home
    • TESIS S2 KEPERAWATAN
    • TESIS S2 KEPERAWATAN 2025
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS PERSEPSI REWARD SYSTEM BERBASIS KPI (KEY PERFORMANCE INDICATOR) DENGAN KEPUASAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA PERAWAT

    Thumbnail
    View/Open
    PENDAHULUAN (813.5Kb)
    ABSTRAK (302.2Kb)
    RINGKASAN/SUMMARY (308.5Kb)
    KESEDIAAN PUBLIKASI (269.0Kb)
    BAB I (387.1Kb)
    BAB II (825.5Kb)
    BAB III (362.7Kb)
    BAB IV (625.8Kb)
    BAB V (445.1Kb)
    BAB VI (440.1Kb)
    BAB VII (360.6Kb)
    LAMPIRAN (3.838Mb)
    HASIL UJI SIMILARITAS (223.4Kb)
    Date
    2025-07-23
    Author
    Erma Santi, Dwi
    Santoso, Windu
    Rahmawati, Ima
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pelayanan keperawatan yang berkualitas sangat ditentukan oleh kepuasan dan motivasi kerja perawat sebagai ujung tombak dalam sistem pelayanan rumah sakit. Di RS Siti Khodijah Muhammadiyah Cabang Sepanjang, tingkat turnover perawat mencapai 6% pada tahun 2022, dengan alasan utama pengunduran diri adalah ketidakpuasan Dengan sistem reward. Sebagai upaya perbaikan, rumah sakit menerapkan sistem reward berbasis Key Performance Indicator (KPI) guna menilai kinerja perawat secara objektif melalui indikator kontribusi individu, keterlibatan dalam unit pemasaran, capaian mutu layanan. Tujuan penelitian bertujuan untuk menganalisis hubungan persepsi reward system berbasis KPI Dengan kepuasan kerja dan motivasi kerja perawat. Desain penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan analitik korelasional dan metode survei cross-sectional. Metode sampling menggunakan teknik cluster random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 167 perawat dari 15 unit pelayanan. Instrumen penelitian mencakup tiga kuesioner: persepsi reward system berbasis KPI (20 item), kepuasan kerja (43 item dari Index of Work Satisfaction), dan motivasi kerja (68 item). Analisis data dilakukan menggunakan regresi logistik ordinal. Analisis data meliputi uji univariat, bivariat dengan Spearman’s rho, dan multivariat menggunakan regresi logistik ordinal. Hasil penelitian menemukan bahwa persepsi reward system berbasis Key Performance Indicator (KPI) tidak berhubungan signifikan dengan kepuasan kerja perawat (r = 0,086; p = 0,270), tetapi berhubungan positif dan signifikan dengan motivasi kerja (r = 0,254; p < 0,001). Analisis regresi logistik ordinal menunjukkan pengaruh signifikan dan dominan reward system terhadap motivasi kerja (Wald = 8,890; p = 0,003) dibandingkan kepuasan kerja (Wald = 0,671; p = 0,413). Diskusi Persepsi Reward system KPI efektif meningkatkan motivasi, tetapi belum cukup untuk meningkatkan kepuasan kerja, temuan ini sejalan dengan teori harapan Victor Vroom, yang menjelaskan bahwa motivasi muncul ketika individu yakin usaha yang dilakukan menghasilkan kinerja baik yang diikuti reward. Dalam konteks rumah sakit, reward system KPI memberi insentif terukur yang memacu semangat kerja, namun kepuasan kerja tetap dipengaruhi faktor multidimensional seperti lingkungan kerja, dukungan pimpinan, dan pengakuan non-materi.
    URI
    https://repositori.stikes-ppni.ac.id/handle/123456789/3653
    Collections
    • TESIS S2 KEPERAWATAN 2025

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV