• Login
    View Item 
    •   Home
    • SKRIPSI S1 KEBIDANAN
    • SKRIPSI S1 KEBIDANAN 2025
    • View Item
    •   Home
    • SKRIPSI S1 KEBIDANAN
    • SKRIPSI S1 KEBIDANAN 2025
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN DURASI PENGGUNAAN GADGET DENGAN PERKEMBANGAN ANAK PRASEKOLAH USIA 3-6 TAHUN DI TK DARMA WANITA PERSATUAN SEBANI SIDOARJO

    Thumbnail
    View/Open
    PENDAHULUAN (1.207Mb)
    ABSTRAK (554.2Kb)
    KETERSEDIAAN PUBLIKASI (165.0Kb)
    BAB I (462.7Kb)
    BAB II (566.8Kb)
    BAB III (581.8Kb)
    BAB IV (698.6Kb)
    BAB V (445.0Kb)
    LAMPIRAN (9.257Mb)
    UJI SIMILARITAS (183.2Kb)
    Date
    2025-08-14
    Author
    Putri, Monica
    Meilinawati, Elies
    Mardiyana, Rina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penggunaan gadget pada anak usia dini kini menjadi bagian dari kehidupan sehari hari, namun durasi yang berlebihan dapat berdampak pada tumbuh kembang anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara durasi penggunaan gadget dengan perkembangan anak prasekolah usia 3–6 tahun di TK Darma Wanita Persatuan Sebani Sidoarjo. Penelitian menggunakan desain kuantitatif analitik dengan pendekatan cross-sectional pada 41 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner durasi penggunaan gadget dan Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP), kemudian dianalisis menggunakan uji Spearman’s Rho. Hasil menunjukkan sebagian besar anak (39%) menggunakan gadget 30 menit–1 jam per hari, dan 80,5% memiliki perkembangan sesuai. Analisis tabulasi silang mengindikasikan bahwa durasi penggunaan yang tinggi dan sangat tinggi lebih sering disertai perkembangan meragukan dibandingkan durasi rendah atau sedang. Uji Spearman’s Rho menghasilkan nilai p = 0,00 (p < 0,05) dengan koefisien korelasi -0,595, yang menunjukkan hubungan negatif berkekuatan sedang maha H1 diterima, semakin lama anak menggunakan gadget, semakin menurun kualitas perkembangannya terutama pada aspek motorik, bahasa, sosial, dan kemandirian. Temuan ini sejalan dengan rekomendasi WHO dan AAP untuk membatasi durasi layar maksimal satu jam per hari dengan konten berkualitas serta pendampingan orang tua. Hasil penelitian menegaskan perlunya pengaturan waktu penggunaan gadget dan pemberian stimulasi yang memadai dan pengawasan orangtua untuk mendukung perkembangan optimal anak prasekolah
    URI
    https://repositori.stikes-ppni.ac.id/handle/123456789/3750
    Collections
    • SKRIPSI S1 KEBIDANAN 2025

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV