Show simple item record

dc.contributor.authorPutri, Monica
dc.contributor.authorMeilinawati, Elies
dc.contributor.authorMardiyana, Rina
dc.date.accessioned2025-09-11T03:06:14Z
dc.date.available2025-09-11T03:06:14Z
dc.date.issued2025-08-14
dc.identifier.urihttps://repositori.stikes-ppni.ac.id/handle/123456789/3750
dc.description.abstractPenggunaan gadget pada anak usia dini kini menjadi bagian dari kehidupan sehari hari, namun durasi yang berlebihan dapat berdampak pada tumbuh kembang anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara durasi penggunaan gadget dengan perkembangan anak prasekolah usia 3–6 tahun di TK Darma Wanita Persatuan Sebani Sidoarjo. Penelitian menggunakan desain kuantitatif analitik dengan pendekatan cross-sectional pada 41 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner durasi penggunaan gadget dan Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP), kemudian dianalisis menggunakan uji Spearman’s Rho. Hasil menunjukkan sebagian besar anak (39%) menggunakan gadget 30 menit–1 jam per hari, dan 80,5% memiliki perkembangan sesuai. Analisis tabulasi silang mengindikasikan bahwa durasi penggunaan yang tinggi dan sangat tinggi lebih sering disertai perkembangan meragukan dibandingkan durasi rendah atau sedang. Uji Spearman’s Rho menghasilkan nilai p = 0,00 (p < 0,05) dengan koefisien korelasi -0,595, yang menunjukkan hubungan negatif berkekuatan sedang maha H1 diterima, semakin lama anak menggunakan gadget, semakin menurun kualitas perkembangannya terutama pada aspek motorik, bahasa, sosial, dan kemandirian. Temuan ini sejalan dengan rekomendasi WHO dan AAP untuk membatasi durasi layar maksimal satu jam per hari dengan konten berkualitas serta pendampingan orang tua. Hasil penelitian menegaskan perlunya pengaturan waktu penggunaan gadget dan pemberian stimulasi yang memadai dan pengawasan orangtua untuk mendukung perkembangan optimal anak prasekolahen_US
dc.publisherPerpustakaan Universitas Bina Sehaten_US
dc.subjectDurasi Gadgeten_US
dc.subjectPerkembangan Anaken_US
dc.subjectKPSPen_US
dc.titleHUBUNGAN DURASI PENGGUNAAN GADGET DENGAN PERKEMBANGAN ANAK PRASEKOLAH USIA 3-6 TAHUN DI TK DARMA WANITA PERSATUAN SEBANI SIDOARJOen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record