PERBEDAAN TINGKAT KONSENTRASI SISWA SEBELUM DAN SESUDAH INTERVENSI BRAIN GYM DI UPT SD NEGERI 136 GRESIK
Date
2025-02-17Author
WAHYUNINGSIH, RISKA
Khalimatus, Lida
Eka, Veryudha
Metadata
Show full item recordAbstract
Konsentrasi siswa merupakan faktor penentu keberhasilan dalam mencapai prestasi akademik yang optimal. Brain gym adalah salah satu teknik yang efektif untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat konsentrasi siswa sebelum dan sesudah intervensi brain gym di UPT SD Negeri 136 Gresik. Metode penelitian yang digunakan adalah pra eksperimental dengan desain pre-test and post-test design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dan VI UPT SD Negeri 136 Gresik sebanyak 21 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara tingkat konsentrasi siswa sebelum dan sesudah intervensi brain gym yang dibuktikan dengan hasil Uji Wilcoxon Signed-Rank. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif.