Show simple item record

dc.contributor.advisor
dc.contributor.authorBastomi, Andriannie
dc.contributor.authorAkbar, Amar
dc.contributor.authorMa’rifatul Azizah, Lilik
dc.date.accessioned2025-10-29T07:42:32Z
dc.date.available2025-10-29T07:42:32Z
dc.date.issued2025-07-14
dc.identifier.urihttps://repositori.stikes-ppni.ac.id/handle/123456789/4099
dc.description.abstractMahasiswa tingkat pertama sering kali mengalami stres akademik karena penyesuaian terhadap lingkungan kampus dan tuntutan perkuliahan yang baru. Salah satu faktor penting yang memengaruhi kemampuan menghadapi tekanan ini adalah self efficacy, yaitu keyakinan individu terhadap kemampuan dirinya dalam menyelesaikan tugas atau menghadapi tantangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self efficacy dan stres akademik pada mahasiswa S1 Keperawatan tingkat 1 reguler di Universitas Bina Sehat PPNI Mojokerto. Penelitian menggunakan analisis korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Populasi penelitian terdiri dari 162 mahasiswa, dengan 116 responden yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah General Self Efficacy Scale (GSES) dan Student Academic Stress Scale (SASS). Hasil menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa memiliki self efficacy tinggi (88%) dan tingkat stres akademik yang rendah (85,3%). Uji Spearman rho menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (p<0,05) dengan koefisien korelasi -0,449, menandakan hubungan negatif yang cukup kuat antara self efficacy dan stres akademik. Temuan ini mendukung teori bahwa mahasiswa dengan self efficacy tinggi lebih percaya diri, mampu mengatur waktu, dan mengelola tekanan akademik lebih baik. Sebaliknya, mahasiswa dengan self efficacy rendah lebih rentan mengalami stres yang berdampak pada prestasi dan kesehatan mental. Terdapat hubungan yang cukup kuat antara self efficacy dengan stres akademik pada mahasiswa S1 Keperawatan tingkat 1 reguler di Universitas Bina Sehat PPNI Mojokerto, peningkatan self efficacy berpotensi menurunkan stres akademik dan membantu mahasiswa menghadapi perkuliahan secara lebih efektif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherPerpustakaan Universitas Bina Sehat PPNI Mojokertoen_US
dc.subjectself efficacyen_US
dc.subjectstres akademiken_US
dc.subjectmahasiswa tingkat pertamaen_US
dc.titleHUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA S1 KEPERAWATAN TINGKAT 1 REGULER DI UNIVERSITAS BINA SEHAT PPNI MOJOKERTOen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record