Analisis Persepsi Pasien terhadap Pelaksanaan Personal Hygiene oleh Perawat
Abstract
Persepsi ialah proses pemahaman atau pemberian makna atas suatu informasi terhadap stimulus. Kebutuhan personal hygiene tidak hanya dibutuhkan untuk orang yang sehat, tetapi juga untuk orang yang sakit. Dalam pelaksanaannya, setiap pasien memiliki persepsi berbeda mengenai pentingnya personal hygiene. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis persepsi pasien terhadap pelaksanaan pemenuhan kebutuhan personal hygiene yang dilakukan oleh perawat di Rumah Sakit Bhayangkara Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif dengan sampel sebanyak 145 yang diambil secara purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner persepsi pasien mengenai personal hygiene yang dilakukan oleh perawat yang sudah diuji validitas dan reliabilitas oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan persepsi pasien tentang pelaksanaan personal hygiene oleh perawat memiliki persepsi positif sebanyak 82 responden (57%) dan 63 responden (43%) memiliki persepsi negatif. Banyaknya pasien yang memiliki persepsi positif dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti; Jenis kelamin, Usia, Pendidikan terakhir, dan Pekerjaan. Adapun beberapa kendala yang mengakibatkan persepsi pasien menjadi negatif antara lain; minimnya komunikasi antara perawat dengan pasien, sikap perawat yang kurang dalam menghadapi pasien, dan persepsi pasien yang berubah selama mereka dirawat di rumah sakit. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan Rumah sakit dapat meningkatkan mutu keperawatan dan asuhan keperawatan yang berkualitas dalam pemenuhan kebutuhan personal hygiene pasien.