• Login
    View Item 
    •   Home
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN 2022
    • View Item
    •   Home
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN 2022
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Brain Gym Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas VI Di MI Miftahul Ulum Sidowungu Menganti Kabupaten Gresik

    Thumbnail
    View/Open
    PENDAHULUAN (1.446Mb)
    ABSTRAK (194.4Kb)
    HALAMAN KETERSEDIAAN PUBLIKASI (129.6Kb)
    BAB I (143.0Kb)
    BAB II (365.5Kb)
    BAB III (196.0Kb)
    BAB IV (183.3Kb)
    BAB V (119.0Kb)
    LAMPIRAN (2.767Mb)
    Date
    2022-09-21
    Author
    Ambarsari, Millenia Putri
    Ratnaningsih, Tri
    Peni, Tri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Konsentrasi merupakan aspek yang penting bagi anak dalam mencapai keberhasilan belajar. Proses pembelajaran yang monoton di sekolah membuat fungsi otak siswa mengalami penurunan Dalam hal ini tentunya diperlukan suatu metode yang menyenangkan yang membuat anak rileks dalam belajar, upaya yang dapat dilakukan yaitu brain gym. Pelaksanaan brain gym dapat mengoptimalkan penggunaan semua dimensi otak, mengurangi ketegangan pada syaraf sehingga dapat memaksimalkan supplay O2 ke otak, hal tersebut dapat meningkatkan kemampuan dalam memusatkan perhatian atau konsentrasi anak. Desain penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilaksanakan di MI Mifahul Ulum Sidowungu Kabupaten Gresik selama 4 hari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI di MI Miftahul Ulum sebanyak 66 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 63 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian ini adalah Kuesioner Army Alpha Test untuk menilai tingkat konsentrasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum dilakukan brain gym hampir setengah dari tingkat konsentrasi responden termasuk dalam kategori sedang, dan sesudah dilakukan brain gym sebagian besar tingkat konsentrasi responden termasuk dalam kategori tinggi. Hasil analisa dengan menggunakan Uji Wilcoxon signed test didapatkan nilai asymp sig. (-2 tailed) 0,000 lebih kecil dari ρ value =0,000< α 0,05 sehingga H1 diterima yang menunjukkan terdapat pengaruh antara brain gym dengan konsentrasi belajar pada siswa kelas VI di MI Miftahul Ulum Sidowungu Menganti Kabupaten Gresik. Pelaksanaan brain gym secara konsisten dapat meningkatkan daya ingat, daya fokus, menerunkan ketegangan sehingga konsentrasi anak juga akan meningkat.
    URI
    https://repositori.stikes-ppni.ac.id/handle/123456789/1189
    Collections
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN 2022

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV